15/02/14

Manfaat Daun Jambu Batu (Jambu Biji)

Manfaat daun Jambu Batu - Pohon Jambu Batu atau yang biasa disebut dengan Jambu biji barangkali termasuk adalah pohon yang paling banyak kita temui di halaman rumah-rumah, baik di desa maupun di perkotaan. Maklumlah, karena pohon yang satu ini dapat tumbuh subur di negara tropis seperti di Indonesia.

manfaat daun jambu batu

Selama ini pohon jambu batu sudah banyak dimanfaatkan untuk sumber obat yang berbahan alam. Daunnya sering digunakan sebagai obat diare dan buahnya, terutama bagian yang berwarna merah biasanya dijadikan jus dan digunakan untuk mengurangi dampak penyakit demam berdarah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, bekerja sama dengan RSUD dr. Soetomo membuktikan bahwa sesungguhnya daun jambu batu adalah antivirus yang sangat kompeten untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD). Menurut Dr. Soeprapto Ma'at, Apt, salah seorang anggota tim peneliti, kandungan quercentin dan Tanin dari daun jambu batu diduga memiliki aktifitas antivirus yang sangat efektif.

1 komentar: